Semarak Hari Batik Nasional, Pemkot Bekasi Anugrahi Pemenang Lomba Batik

.

Semarak Hari Batik Nasional, Pemkot Bekasi Anugrahi Pemenang Lomba Batik

Galih
Sabtu, 03 Oktober 2020


Kota Bekasi - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melalui Dinas Usaha, Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menyelenggarakan Penganugerahan pemenang lomba design Batik Bekasi tahun 2020, bertempat di Gedung Graha Hartika Bekasi Selatan Kota Bekasi, Jumat (02/10/20).

Sebanyak 220 peserta dari berbagai daerah seperti Surabaya, Pekalongan, Depok dan Karawang mengikuti serangkaian lomba secara virtual. dimulai sejak tanggal 3 September 2020 hingga hari penganugerahan.

Secara universal perlombaan dibagi menjadi lima kategori yang meliputi, lomba design batik bekasi, lomba fashion competition, photo genic, photography, dan video pendek, dengan total hadiah
Rp.9 Juta Rupiah untuk 3 juara dari berbagai lomba.

Panitia pelaksana, Dady Rachmadi mengatakan, dalam tahap tahap perlombaan tersebut memang tidak ditentukan temanya, namun tetap tidak keluar dari 12 pakem batik Bekasi yang sudah ditentukan Pemerintah daerah.

"Kita mencoba ide kreatifitas baru yang bisa membuat 12 pakem lebih milenial, dan mempunyai design yang terbaik," ungkap Dady yang juga menjabat Kepala Bidang Usaha Informal UMKM Kota Bekasi.

Dikatakan, dengan diadakan lomba ini, diharapkan kedepannya kota bekasi mampu memiliki design terbaru dengan tampilan milenial dan bisa menjadi nilai jual yang tinggi

"Yang paling diutamakan semua kreasi dari pemenang design menjadi hak kepemilikan kota Bekasi," ujarnya.

Untuk tim penilai, sambung Dady, tentu  secara profesional dari berbagai unsur yang memahami tentang design dan batik serta budaya.

Sedangkan untuk pendaftaran peserta kita siarkan melalui media sosial, dengan penjelasan para peserta wajib mengacu ke lima unsur seperti, Flora, Fauna, Kesejarahan, Kebudayaan, dan Warna. (GL)