Tangkal Pemalsuan Buku Manual, Kota Bekasi Terapkan Smart Card KIR

.

Tangkal Pemalsuan Buku Manual, Kota Bekasi Terapkan Smart Card KIR

Galih
Kamis, 06 Agustus 2020


Kota Bekasi - Balai Uji KIR Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi sudah menerapkan Smart Card KIR untuk semua jenis kendaraan yang melakukan pengujian. Bahkan, hal ini sudah dilakukan selama 4 bulan terakhir ini.

Kepala Seksi Pengujian Bidang Prasarana, Hadi Prabowo mengatakan, sebelumnya banyak sekali pemalsuan saat menggunakan buku manual KIR.

"Saya sudah tau banyak kelemahan dilapangan saat menggunakan buku manual KIR, maka dari itu, saat saya menjadi pimpinan disini, saya berencana terapkan metode Smart Card KIR berbasis online," ucap Bowo sapaan akrabnya saat dikonfirmasi Bekasisatu.id, Kamis (06/08/20).

Dirinya menjelaskan, tidak mudah memang menerapkan sistem Smart Card KIR di Kota Bekasi, karena masih banyak oknum yang terus menghambat adanya sistem berbasis online ini.

"Pertama saya memimpin disini, memang banyak oknum yang masih mencari keuntungan semata dengan penerapan sistem buku manual KIR, namun saya pantang menyerah dan alhamdulilah akhir bulan April 2020, Kota Bekasi sudah terapkan Smart Card KIR," ungkap Bowo

Melalui penerapan sistem Smart Card ini, Bowo meyakini bisa meminimalisir praktek kecurangan sejumlah oknum dengan melakukan pungli dan pemalsuan buku manual KIR

“Sistem Smart Card KIR ini sangat efektif untuk menangkal pungli dan pemalsuan buku, yang sering terjadi sebelum adanya sistem ini," ujarnya. (GL)