Ketahanan Pangan Kota Bekasi Lewat Media Hidroponik

.

Ketahanan Pangan Kota Bekasi Lewat Media Hidroponik

Galih
Selasa, 04 Agustus 2020

Kota Bekasi - Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto berharap agar warga Kota Bekasi, terus mengembangkan tanaman hidroponik di wilayah masing-masing. Melalui bercocok tanam tanpa media tanah tersebut, diyakini dapat membantu dan memperkuat ketahanan pangan keluarga.

“Bertani dengan sistem hidroponik tujuannya bukan hanya memperoleh uang semata. Tapi dapat meningkatkan ekonomi keluarga. Dan paling penting dapat mengurangi pemanasan global, serta menjaga lingkungan,” ujar Tri saat panen perdana sayuran hidroponik di Kelompok Wanita Tani (KWT) Raflesia RW 032, Perumnas Rawalubu, Kota Bekasi, Selasa (28/7/2020).

Melalui tanaman hidroponik, tambah Tri, masyarakat juga dapat memperoleh sayuran yang higienis, segar dan hijau. Pemkot Bekasi, saat ini telah memfasilitasi pembeli tanaman sayuran hidroponik.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi, Alexander Zulkarnain mengatakan bahwa, pihaknya siap mendukung ketahanan pangan melalui media hidroponik .

Disamping itu, dirinya juga mengajak para stakeholder agar lebih giat bercocok tanam melalui media hidroponik yang tidak menggunakan media tanah.

“Jika yang kita pikirkan bercocok tanam harus dengan media tanah, kapan kita mau bercocok tanam untuk meningkatkan swasembada pangan kita?,” tanya dia.

Pihaknya juga menyadari bahwa, Kota Bekasi saat ini sudah sangat sedikit lahan kosong yang bisa digarap untuk bercocok tanam bagi masyarakat. Namun, di era modern seperti sekarang ini, kata Alex, kami bisa memanfaatkan lahan kecil untuk memulai bercocok tanam dengan media hidroponik.

“Ya kita menyadari di Kota Bekasi saat ini memang sudah sedikit lahan kosong yang bisa digarap untuk bercocok tanam. Jadi, kami manfaatkan media hidroponik ini untuk bercocok tanam dan bisa menambah nilai ekonomis bagi masyarakat,” terangnya. (GL/Adv)