Dari Rakyat Untuk Rakyat, Program Kotaku Menyasar Kelurahan Ciketingudik

.

Dari Rakyat Untuk Rakyat, Program Kotaku Menyasar Kelurahan Ciketingudik

Galih
Sabtu, 29 Agustus 2020

Kota Bekasi - Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia.

Saat ini program Kotaku menyisir RT 02 RW 04 Kelurahan Ciketingudik, Kecamatan Bantargebang. Peletakan batu pertama dihadiri Tri Adhiyanto Tjahyono Wakil Walikota Bekasi, Jumhana Lutfi Kadis Disperkimtan Dan Anggota DPRD Kota Bekasi, Oloan Nababan.

Dalam sambutannya Tri Adhianto mengatakan, hari ini merupakan launching perdana program Kotaku di Kota Bekasi, karena ada lima kelurahan yang akan ikut Program Kotaku yaitu Kelurahan Ciketingudik, Kelurahan Sumur Batu, Kelurahan Bojong Menteng, Kelurahan Durenjaya dan Kelurahan Jakasetia.

“Program Kotaku menyasar di 5 Kelurahan Kota Bekasi, Kotaku merupakan program padat karya yang nanti dilaksanakan oleh warga masyarakat, yang satu adalah bagaimana membangun wilayahnya kampungnya untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Mas Tri panggilan akrabnya, Sabtu (29/08/20).

Dijelaskannya, program Kotaku nantinya akan melibatkan para BKM dan LPM Kelurahan karena mereka yang mengusulkan sendiri, sehingga nanti akan ada rasa tanggung jawab rasa memiliki dari warga masyarakat terhadap program.

“Yang merencanakan mereka yang melaksanakan juga mereka dan ikut juga melakukan evaluasi, tentunya ya kami dari Pemerintah Kota Bekasi akan terus mendukung,” papar Mas Tri.

Sementara Jumhana Lutfi Kepala Dinas Disperkimtan Kota Bekasi mengatakan, untuk anggaran Kotaku berasal dari APBN dan menelan kurang lebih 5 miliar mencakup lima Kelurahan.

“Kotaku merupakan Program Rakyat Untuk Rakyat, semoga kedepannya bisa lebih banyak lagi Kelurahan yang ikut program Kotaku,” tutupnya. (GL)