Tolong, Bayi Pengidap Atresia Bilier yang Butuh Bantuan

.

Tolong, Bayi Pengidap Atresia Bilier yang Butuh Bantuan

Editor: BS
Minggu, 29 Desember 2019
Bekasi – Nazriel Kurniawan Saputra, bayi usia 5 bulan ini mengidap penyakit Atresia Bilier. Atresia Bilier adalah suatu keadaan dimana saluran empedu tidak terbentuk atau tidak berkembang secara normal. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan hati dan sirosis hati, yang jika tidak segera diobati bisa berakibat fatal.

"Setelah melahirkan saya lihat kulit Nazriel kok kuning, saya kira hanya bawaan bayi nanti ketika dijemur diterik matahari juga hilang kuningnya. Lama kelamaan kok enggak hilang dan akhirnya saya konsultasi ke dokter, ternyata anak saya menderita Atresia bilier dan sampai umur lima (5) bulan ini masih belum sembuh dan bolak balik lakukan pengobatan di RS. Cipto Jakarta," ujar Endang Saputra ayahanda Nazriel yang juga warga Kampung pendayakan  RT. 009/005 desa Muara Bakti, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Bayi dengan atresia bilier akan terlihat normal saat lahir, namun pada minggu kedua atau ketiga setelah dilahirkan, bayi akan mengalami penyakit kuning. Berat badan bayi juga masih normal selama satu bulan setelah dilahirkan, namun kemudian akan mulai menurun. Penyakit kuning yang dialami seiring waktu juga akan bertambah parah.

Lebih lanjut, Endang Saputra ketika mendatangi Sekretariat Bersama (Sekber) Garda Muda Suryo Pranoto di Kelurahan Kebalen dan diterima langsung oleh Ketua Suthan Hasbullah, dirinya memgatakan saat ini Nazriel Kurniawan Saputra sedang dirawat intensif di IGD RS. Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, dirinya meminta solusi guna kesembuhan Nazriel.

"Tolong bantu kami, kami sudah bingung, jika harus organ tubuh saya diambil untuk didonorkan saya ikhlas," pintanya.

Sementara itu Ketua Garda Suryo Pranoto, Suthan Hasbullah dirinya akan berupaya membantu agar ada solusi untuk Nazriel.

"Saya akan berkoordinasi dengan pihak terkait, terutama pak H. Suryo pranoto agar cepat teratasi dan ada solusi terbaik buat adik bayi Nazriel," ucapnya

Selain itu, pendampingan advokasi pun dilakukan Jamkeswatch Bekasi Utara bekerjasama dengan Jamkeswatch DKI Jakarta untuk proses nya sambil dipantau lebih lanjut perkembangan ke depan.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui langsung kondisi Nazriel saat ini bisa menghubungi nomor handphone orang tuanya di 0896-2101-8225. (*)