Peduli Kesehatan Lansia, IPEGERI Helat Kongres Nasional Pertama

.

Peduli Kesehatan Lansia, IPEGERI Helat Kongres Nasional Pertama

Editor: BS
Sabtu, 23 November 2019
Kota Bekasi – Pengembangan pelayanan kesehatan lanjut usia yang komperhensif dan berkesinambungan menjadi hal yang penting di Negara Indonesia.

Perkembangan permasalahan data perawatan lansia ini lah yang mendorong para perawat dan pemerhati kesehatan lansia berhimpun bersama dengan suatu ikatan yaitu Ikatan Perawat Gerontik Indonesia (IPEGERI).

IPEGERI sebagai badan kelengkapan PPNI mempunyai peran penting dan strategis dalam ikut berkontribusi terhadap pembangunan kesehatan Bangsa dan Negara, salah satu peran penting IPEGERI adalah turut aktif dalam penyusunan kebijakan kesehatan lansia yang berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

Kondisi factual di lapangan saat ini, bahwa seluruh Rumah Sakit Pemerintah dan swasta membutuhkan perawat gerontik untuk mengelola pelayanan geriatric baik dalam bentuk rawat jalan, rawat inap, dan bentuk layanan lain di institusional, termasuk di panti Werdha.

Hal itu lah yang melatar belakangi Ikatan Perawat Gerontik Indonesia (IPEGERI) mengadakan kongres nasional pertama.

Mengambil tema “Strategi Sukses Implementasi Pelayanan Keperawatan Geriatri Di Rumah Sakit dan Institusi Pelayanan Kesehatan”, bertempat di Hotel Ibis Cawang, Provinsi DKI Jakarta.

Kongres Nasional IPEGERI Pertama yang diselenggarakan pada tanggal 22 - 23 November 2019  dihadiri sekitar 200 orang yang berasal dari 18 Provinsi di seluruh Indonesia yaitu dari Jakarta, Jawa Barat, Banten, Papua, Bali, Sumatera Utara, Gorontalo, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Maluku Utara dan NTB.

Para pemateri terdiri dari orang yang berkompeten di bidangnya, seperti :

- Kebijakan Pelayanan Geriatri dam Peran Akreditasi dalam meningkatkan kualitas pelayaan di RS : DR. Dr. Meliana Zailani, Sp.Ak, MARS, FISqua.

-  Keperawatan Gerontik sebagai peluang dan tantangan : Dra. Junaiti, S.Kp., MAppSc., PhD.
( Dewan pakar keperawatan Gerontik )

-Kebijakan kemenkes dalam pelayanan kesehatan lansia Geriatri : N. Nurlina Supartini, S., Kp., MPH. ( Ka.Dit. Lansia Kemenkes RI)

- Strategi pengembangan layanan gerontik di Sasana Tresna Werdha Ria Pembangunan Jakarta pusat : Ibnu Abbas M.Kep., Sp.Kep.Kom

-Strategi pengembangan layanan geriatri terpadu  rawat jalan di RSUD dr. Sutomo-Surabaya : Ns. Nunung Nurhayati., S.Kep.j

-Strategi pengembangan layanan geriatri terpadu di ruang rawat inap RSUPN dr. Cipto Mangun Kusumo Jakarta : Ns. Neni Triana, S.Kep. (GL)