Di Era Digitalisasi, Forkabi Bakal Kawal Kebudayaan Asli Bekasi

.

Di Era Digitalisasi, Forkabi Bakal Kawal Kebudayaan Asli Bekasi

Editor: BS
Rabu, 30 Oktober 2019
FORKABI Kota Bekasi

BEKASISATU.ID, BEKASI – Kurangnya kesadaran pemerintah, pengembang perumahan dan swasta di Kota Bekasi justru mempersempit ruang gerak serta tumbuh kembang seni budaya asli Bekasi.

Pembangunan Kota Bekasi saat ini masuk pada era modern dan kencangnya budaya internasional
mengikis seni tradisional.

Faktor yang lainnya, makin sempitnya ruang di Kota Bekasi yang berubah menjadi pemukiman perumahan, apartemen, sehingga mempersempit seni budaya bekasi untuk tumbuh dan berkembang.

Menurut Hendra, Sekertaris Forum Komunikasi Anak Betawi (FORKABI) Kota Bekasi, harus ada wadah organisasi masyarakat yang peduli pada nilai-nilai seni dan budaya tradisi lokal Bekasi.

“Untuk menghindari punahnya seni tradisi itu. Sebagai bentuk kepedulian kami yang berangkat dari
cinta kami kepada budaya bekasi, menyikapinya sebagai berikut.

1. Pemerintah daerah Kota Bekasi bukan hanya melulu berorientasi pada pembangunan fisik, tetapi juga memberikan perhatian agar dalam proses perijinan penyelengaraan di Kota Bekasi mensyaratkan adanya pelestarian seni, budaya tradisional Bekasi;

2. Pemerintah Kota Bekasi dalam proses memberikan perijinan kegiatan penyelenggaraan event di Kota Bekasi, wajib mencantumkan aturan keterlibatan produk-produk industri seni dan budaya agar mampu bersaing dengan produk modern;

3. Penyelenggaran kegiatan seperti BCE 2019 di Harapan Indah, hendaknya tidak mengganggap remeh dan rendah seni dan budaya tradisioanl Bekasi, sehingga tidak memberikan kesempatan dan ruang di dalam kegiatan acara tersebut;

4. Menuntut kepada para pengembang perumahan di Kota Bekasi agar senantiasa memberikan peluang bagi hadirnya seni dan budaya Bekasi, sehingga masyarakat Bekasi bisa bersinergi dengan pembangunan fisik yang sedang berkembang pesat di Kota bekasi.

5. Dalam suasana semangat hari sumpah pemuda, kami yang bernaung di bawah Forum Komunikasi Anak Betawi (FORKABI) Kota Bekasi juga mampu untuk bersinergi dengan pembangunan yang sedang pesat di Kota Bekasi. Serta membawa seni dan budaya Bekasi dalam era teknologi 4.0. (GL)